Senin, 09 Juni 2008

"Expansive merriage"


Tanggal 30mei bulan yang lalu tepatnya hari jumat, sekitar jam10.34,kakak-ku telefon dari sintang memberitahuku bahwa ia sudah mengirimiku uang saku, lekas saja aku bergegas mandi dan langsung menancapkan gas kalau-kalau ngantri di Atm Danamon yang terletak di daerah kepuh, karena memang saat itu sedang kanker alias (kantong kering...he...he...Setiba di Atm 'Alhamdulilah.... teryata tidak antri hanya berselang dua orang saja yang didepanku seorang ibu, yang menggunakan jilbab, dan satu lagi seorang cowok bermata sipit mengenakan kaos oblong dan celana pendek dan memakai sandal jepit, dugaan-ku sepertinya cowok ini belum mandi tercium angin segar aneh mengibas khas bau asam yang sulit ku-uraikan lekas saja ku tutup hidungku dengan jariku sialan...huh,Apalagi jarak antara aku dan dia sekitar 55cm...Huh sialan dasar tai kucing aku-pun langsung mundur mengambil jarak untuk jauh darinya...huh, entahlah tebakan-tebakan ku benar atau tidak akupun tak tau pasti..
Giliranku pun tiba yaah langsunglah ku tekan No pin dan mengecek saldoku, usai mengambil uang di perjalanan aku, sempat berpikir rasa-rasanya bulan ini ada sesuatu yang terlewatkan apa yaah...Oh itu.o iya..aku pun ingat, yaah akupun meluncurakan lurus motorku dan ming-iyakan pikiranku bahwa akan mampir terlebih dahulu ditoko buku kanisius karena memang ada sebuah buku yang lama ku incar tapi belum sempat kubeli, aku-pun tiba di toko buku kanisius dan langsung masuk menuju ke area antara area politik dan budaya, yaah mencari sebuah buku yang berjudul 'EXPENSIVE MERRIAGE'lekas ku, mengambilnya dan menuju area lain mengambil sebuah buku yang berjudul "Penilaian dan pengukuran dalam pendidikan" aku pun membalikan buku itu dan melihat profile pengarang..wah...wah...wajah garang seorang Dosen-ku yang menjenuhkan,menjemukan ntah apalah namanya Aku-pun mulai tersenyum memandang-nya....gimana tidak sudah 3x aku, mengulang mata kuliah beliau hasilnya tetap itu...itu saja, dan setiap kali para soper mengulang mata kuliah beliau, selalu saja beliau mengatakan "Masih Cinta ya pada saya" kok banyak wajah lama..huh...itu melulu...dan itu melulu...ah sudahlah.
Aku-pun bergegas ke kasir berniat membayar buku-ku dan mengeluarkan kartu langananku, setelah diakumulasi teryata buku yang kubeli diskon 50% alhamdulilah..artinya setengah harga yah 2 buku cuma habis 48ribu..hiks...Amin..amin. diskon kartuku-pun tidak berlaku lagi 20% karena memang prosedure-nya seperti itu jeng..
Aku, pun lekas langsung pulang dan penasaran membaca buku expensive merriage. ya expensive merriage adalah sebuah buku yang dikarang oleh J. Donald Walters yang sebelumnya mempunyai judul asli: Expansive Marriage, A Way To Self-Realization, 1995, Crystal clarity publishers, Nevada City, California. dan di cetak ulang oleh percetakan kanisius sebanyak 5x hingga tahun 2006,dan di terjemaahkan kembali oleh pihak kanisius.
Buku ini terdiri dari 13 Bab dengan sub nice topic yang berbeda dan mempunyai 1 hingga 184 halaman, buku ini berbicara mengenai perkawinan yang hakekatnya mengrealisasikan sebuah keteduhan spritual dengan unsur dinamis dan objektif sehingga membawa kita memunculkan energi di setiap kondisi apapun dan dimanapun. dimana Pak Walters memposisikan dasar sebuah perkembangan terus menerus dinamis dalam perjalanan sebuah perkawinan. dan menepiskan bahwa perkawinan tidak pada orientasi kesenangan hidup saja. dan uniknya pak Walters menantang pasangan-pasangan suami istri untuk berani bangkit menghadapi tantangan baru untuk saling beraspirasi dalam dirinya dan saling memberi inspirasi untuk hidup dengan potensi mereka yang tertinggi...huh begitulah kira- kira bahasa sang pengarang. detail-nya seperti apa mari ikuti saya, memahami alur pikiran seorang 'Walters' di buku ini yang paling menarik dan berkesan menurut saya,terletak pada Bab4 yang sub topicnya mengenai "Anda belum mengerti" yaah dari judulnya saja, sudah mulai memancing pertanyaan apalagi..wah...wah..ya sambung lagi yaah, O ya buku ini tentunya terdiri dari anak sub topic mengenai: Pikiran dan perasaan, Perang diantara jenis kelamin, Hidup perbedaan!, Wanita dalam dunia masa kini, Wanita sebagai pengangkat kesadaran, dan disertai rangkuman yang harapan Walters menggunakan dengan bahasa lain diakhir bab dengan kalimat 'Yang harus diingat' yaah ku rasa ia mau berpesan kepada kita.
Bab4 menceritakan dimana buah pemikiran yang pada dasarnya terletak pada pahami dan kenali dahulu pasanganmu, baik itu perbedaan biologis perempuan maupun laki-laki,yang pada umumnya mencangkup kepribadian yang kompleks baik itu mengenai pikiran dan perasaannya, yang di tunjukan pada sikap dan perilaku seseorang. Dimana pandangan ini terlepas dari pendidikan dan pengasuhan yang kita terima setiap harinya, serta harapan-harapan masyarakat terhadap kita, sehingga mau tidak mau mengkondisikan perilaku-perilaku yang dengan sangat mudah terkondisiskan dan terbentuk. Tapi ingatlah bahwa di balik penyatuan dalam pasangan sehidup semati, tentunya Walters juga menekankan, bahwa ada rahmat Tuhan yang tersembunyi, maka jelajahilah Rahmat Tuhan tersebut dengan penuh Optimistic dengan beragam keadaan-nya.
Jadi,dalam hal ini untuk menuju "Expensive Marriage" yang Optimal sehingga mampu menghantarakan kita "menuju ke arah pemenuhan diri" terletak pada satu kata kunci yang pertama " Kenalilah dahulu pasanganmu dengan landasan perbedaan biologis yang ada sejak lahir, serta kenali juga kepribadianya yang tercermin melalui kebiasaan dan perilakunya. Dan seiring berjalan kuantitas dalam ber-relasi, sebaiknya ditambahkan kekuatan ayat-ayat spritual dan menjadikanya landasan judul pondasi keutamaan kasih disegala hal, maka dengan sendirinya akan munculah energi-energi positif baru yang menjadi resep manjur didalam menjalin seni asmara ria.
OK inilah buku yang terakhir kubaca, baru bab8 masih ada 5 bab lagi yang akan kujelajahi, sebenarnya neh buku baik buat yang berkeluarga...dasar lina mau tau aja..he..he..Hiks Siipp deh..Gbu yaah lin.

Tidak ada komentar: